Membuat efek Sunburst (pixel based) - belajar photoshop pemula

1:21 AM

Kemungkinan kamu udah sering liat efek sunburst ini tapi gak tau namanya apa, iya gak? nah di kesempatan ini, yuk kita belajar gimana sih cara tercepat dan termudah untuk membuat efek tersebut. lengkap dengan opsi untuk mengubah warna jika diperlukan.




1. Buat dokumen baru dari menu file New. Pastikan ukuran kanvas adalah segi empat persegi alias square, misalnya dengan ukuran 800 x 800 px.


2. Gunakan Linear Gradient tool untuk mewarnai layer background dengan gradasi putih hitam (atau warna lain sesuai kebutuhan). Warna gradasi ini bisa diubah nanti di langkah berikutnya.


3. Masih pada layer background, terapkan Filter> Distort> Wave. Pilih Type: square. Undefined area: repeat edge pixels. Lalu klik tombol Randomize sampai ketemu efek wave yg kamu suka, klik OK.


5. Selanjutnya klik menu Filter> Distort> Polar coordinates. Dalam kotak dialog yg tampil, pastikan memilih opsi Rectangular to polar. OK.


6. Buat layer baru, tambahkan efek glow ditengah-tengah sun burst menggunakan soft round Brush tool warna putih. Besarnya efek glow tergantung selera, jadi setting sendiri brush size nya ya.


7. Tekan Ctrl+E untuk merge layers (menggabungkan layer). Selanjutnya kamu bisa gunakan perintah Hue/Saturation untuk mengubah warna sunburst secara keseluruhan.



8. Berikut ini adalah cara alternatif untuk mengubah warna sunburst. Pertama, klik ganda layer background untuk mengubahnya menjadi layer gambar biasa. Selanjutnya buat sebuah layer baru lalu tarik ke bawah nya. Isi layer baru ini dgn warna yang kamu inginkan, misalnya warna biru solid.



9. Kembali ke layer gambar sunburst, ubah layer blend mode menjadi : Screen. Voila, efek sunburst kini berubah warna.


10. Sampai langkah ini kamu masih bisa mengubah warna background dan ukuran layer sunburst ukuran sesuai kebutuhan.


Untuk lebih jelasnya, kamu bisa lihat video tutorial dibawah ini:

You Might Also Like

0 komentar

Like us on Facebook

Promosi