5 Tipe Logo dan Perbedaannya yang perlu kamu tau

11:23 PM

Ketika memulai bisnis, Anda pasti memerlukan logo, itu adalah fakta saat ini. Seorang desainer bisa membuat logo sendiri, tapi jika Anda bukan seorang desainer, Anda bisa menyewa seorang desainer. Mengetahui beberapa tipe logo akan membantu Anda memahami usulan para desainer, membuat komunikasi menjadi lebih mudah dan memberikan hasil yang lebih baik.

Wordmark

Logo tipe Wordmark hanya terdiri atas teks. Kata-kata bisa diubah menjadi bentuk, ditulis dalam huruf bergaya ataupun diganti untuk membuat banyak desain hebat. Logo Wordmark bisa sederhana atau cukup rumit dengan huruf dan komposisi ukuran atau warna.

Jenis logo ini bisa dibuat dengan font apapun; namun tentu saja harus SESUAI DENGAN KESAN bisnis Anda.

Karena logo tipe Wordmark tidak memiliki ikon atau elemen tambahan di seputar kata-kata, mendesain logo jenis ini bisa jadi sulit dilakukan. Agar logo wordmark yang mudah diingat perlu adanya sedikit pengetahuan desain yang terlibat.

Beberapa contoh logo wordmark yang terkanal : Coca-Cola, FedEx, and Disney.



Lettermark

Logo tipe lettermark terdiri dari inisial nama merek. Ini juga bisa bergaya dan terkadang cukup konseptual. Jenis logo ini bekerja paling baik untuk nama merek yang panjang atau rumit. Perancang hebat bahkan bisa membuat desain logo Lettermark 3D yang akan membuat Anda menonjol dibanding logo lainnya.

Bentuk logo lettermark juga dapat digunakan sebagai pengganti kata kunci bila ruang terbatas atau logo perlu dimasukkan ke dalam lingkaran, seperti untuk profil media Sosial. Jika logo lettermark telah dikonseptualisasikan ke titik di mana ia bekerja seperti ikon, logo tersebut beralih ke ranah merek dagang.

Contoh logo tipe Lettermark yang terkenal: UPS, HBO, CNN

Brandmark

Logo merek dagang (Brandmark) pada dasarnya adalah simbol yang mewakili merek. Yaitu sebagai bentuk logo standalone yang sangat sulit untuk dikreasikan karena tidak menampilkan nama mereknya secara jelas. Brandmarks bekerja sangat baik bagi perusahaan yang telah memiliki banyak fans dan logo mereka adalah citra yang bisa dikenali oleh siapa saja.

Contoh penerapan brandmark yaitu pada logo McDonald's, Pepsi, Nike .


Combination Mark

Tanda kombinasi (combination mark) adalah logo paling serbaguna untuk segala jenis merek. Ini adalah nama merek dan semacam simbol, semuanya bersama secara keseluruhan. Simbolnya bisa berupa ikon, atau brandmark Anda. Simbol yang dipilih untuk logo harus cukup mudah diingat sehingga nantinya merek Anda bisa dikenali hanya dari simbol tersebut.

Beberapa contoh kombinasi yang bagus adalah Lacoste, Adidas dan Adobe.

Emblem

Lambang (Emblem) adalah ketika logo adalah simbol tapi ada kata-kata di dalamnya. Ini seperti lencana atau cap dan bisa sangat menarik. Kata-kata terkadang dibulatkan atau dibentuk agar sesuai dengan simbol.

Jenis logo ini bekerja sangat baik saat nama mereknya panjang dan Lettermark tidak akan berfungsi. Lambang tidak benar-benar membutuhkan variasi seperti wordmarks atau Brandmarks karena ini adalah paket lengkap.

Contoh paling terkenal adalah pada logo Starbucks dan Harley Davidson


Sekarang setelah mengetahui berbagai jenis logo, Anda memiliki pengetahuan yang lebih baik untuk berbicara dengan desainer grafis tentang apa yang dibutuhkan untuk logo bisnis Anda!

You Might Also Like

0 komentar

Like us on Facebook

Promosi